Warganet Habiskan Rp1,2 juta Belanja Online saat Ramadhan
unpi/antaranews • Rabu, 15 Mei 2019 10:00 Wib
Sumber Foto : rulzz.com
UNPI-CIANJUR.AC.ID - Riset dari agregator e-commerce ShopBack menunjukkan rata-rata warganet menghabiskan Rp1,2 juta untuk berbelanja online selama bulan Ramadhan, berdasarkan data ShopBack dari Ramadhan pada 2018.
"Daya beli masyarakat pada Ramadhan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditunjukkan dengan rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan tahun lalu yang mencapai Rp 1,2 juta, meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya," kata Kepala Pengembangan Bisnis ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha.
Dilansir Antaranews, Shopback melakukan survei terhadap lebih dari 6.500 responden di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar, lebih dari separuh responden (53,5 persen) akan mengalokasikan seperempat bonus Tunjangan Hari Raya mereka untuk belanja online.
ShopBack melihat warganet bijak mengalokasikan THR mereka untuk berbelanja online sejak 2017. Responden yang menghabiskan hanya seperempat dari THR untuk berbelanja online naik menjadi 53,5 persen dari 38 persen pada 2017.
Promosi diskon dan uang kembalian (cashback) menjadi faktor utama responden mau belanja online saat Ramadhan, persentasenya mencapai 79,4 persen. Sementara, yang lainnya mempertimbangkan harga murah (8,4 persen) dan efisiensi (4,5 persen).
ShopBack memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan 2019 tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan 2018.
Namun, mereka optimistis jumlah pemesanan dan nilai transaksi di platform mereka dapat naik hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.